Rabu, 27 Agustus 2008

QUO VADIS AKAL MERDEKA?

Akal merdeka yang berlawanan

dengan akal merdeka bangsa turki sudah melepaskan dirinya dari TaQlid yang amat berbahaya,yang menghambat kemajuan ,yang menghancurkan semua kekuatan bangsa turki.dengan akal merdeka mereka tukar huruf turki denga huruf latin yang mereka anggap lebih praktis dan "menurut zaman".dengan akal merdeka mereka modernkan administrasi pemerintahan,mereka masukan ilmu pengetahuan barat ,teknih dan data organisasi barat.

dengan akal merdeka itu pula mereka lemparkan hukum islam,hudud islam.maka didalam kemabukan akal merdeka ,mereka tak tahu membedakan manakah kotoran yang mendatangkan mudharat yang harus dibuang,manakah barang yang asli yang bermanfa'at yang harus dipelihara.

akal merdeka tak kenal batas,tak menggariskan batas.dengan akal merdeka mereka lemparkan semua yang ada dalam "tradisi" kuno : sesudah itu mereka masuk kepada "gedachten-traditie" (tradisi pemikiran) made in switserland.tanpa berpikir kritis ,tanpa intiqad ,tanpa banding dan selidik,apakah semua itu sewajar dengan agama islam ,selaras dengan "spirit of islam".tidak,asal cocok dengan kemauan akal merdeka ,asal setuju dengan "spirit of the west!"

paradoxaal? --- boleh jadi!

akan tetapi semua ini berlaku,semua dapat dilihat secara nyata,semua terjadi dihadapan kita.

akal merdeka bisa memperdalam dan memperteguh iman kita,menambah khusyu 'tawadhu' kita terhadap kebesaran illahi ,mungkin membantu kita mencari rahasia rahasia firman Tuhan,menolong kita memahamkan hikmah hikmah suruhan dan ajaran ajaran agama,mempertinggi dan memperhalus perasaan keagamaan kita.

akal merdeka itu pula yang membikin bikin ibadah dan upacara baharu.ia pandai menghapuskan khurafat kuno.akan tetapi cakap pula mengadakan khurafat modern,dengan sadar atau tidak.

akal merdeka bisa membersihkan agama kita dari kutu kutu yang berbahaya untuk kemajuan,atau bertentangan dengan agama kita sendiri.pandai membukakan jendela lapangan pikiran kita supaya supaya bertukar udara yang bersih dan nyaman.dalam pada itu ia pandai pula membongkar tiang tiang agama kita,membongkar hudud agama kita.bukan saja memasukan udara yang sepoi sepoi basah,akan tetapi juga memasukan angin taufan limbubu ,menghancurkan apa yang ada .semua dengan alasan :mencari sintese ,menyesuaikan dengan kemajuan "zaman", yang modern.

akal merdeka ibarat api ; ya, mungkin ibarat lampu yang gemerlapan,yang memimpin kita dari gelap gulita keterang benderang;seringkali mungkin pula ia menyala berkobar ,menyiar bakar,menghapuskan apa yang ada disekitarnya.

akal merdeka bisa membenarkan perzinahan sebagai salah satu hak hak asasi!

alangkah permainya akal merdeka!
alangkah celakanya akal merdeka!

islam meluruskan akal merdeka

bagaimanakah kita hendak bertahkim kepada akal merdeka semata mata?! akal merdeka tanpa disiplin mengakibatkan khaos centang perenang.

maka agama datang,bukan semata mata memerdekakan akal.

agama datang membangunkan akal,membangkitkan akal,menggemarkan orang memakai akal sebagai satu ni'mat illahi yang maha indah.

agama datang mengalirkan akal menurut alur yang lurus ,jangan melantur kesana kemari merompak pagar dan pematang.

"bukankah telah kami jadikan baginya dua mata:satu lidah dan dua bibir,dan kami tunjukkan kepadanya dua jalan ;yang naik-mendaki.sudahkah engkau tahu ,apakah jalan yang naik-mendaki itu?"(Al balad:8-12)

Tidak ada komentar: